Akreditasi diperlukan guna menilai kelayakan suatu program atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana serta terukur. Akreditasi juga diperlukan sebagai “cermin” atau bahan evaluasi terhadap apa yang telah dicapai dalam kerja keras yang dilakukan suatu program studi guna menghasilkan mutu yang tinggi dari suatu proses pendidikan.

Pada tanggal 7-9 Maret 2018, LAM-PTKES telah melakukan visitasi lapangan ke program studi Ilmu Kesehatahan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran, Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat (FKKMK) Universitas Gadjah Mada. Dalam visitasi tersebut, hadir sebagai assessor yakni Dr. dr. Puguh Riyanto, SpKK(K) dari UNDIP Semarang dan Dr. dr. Khairuddin Djawad, SpKK(K) dari UNHAS, Makassar. Acara diawali dengan presentasi borang fakultas oleh dekan FKKMK UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K) dan dilanjutkan dengan presentasi borang program studi oleh ketua program studi (KPS) dr. Agnes Sri Siswati, Sp.KK (K). Selepas tanya jawab mengenai pemaparan borang, kegiatan dilanjutkan dengan visitasi lapangan dan pemeriksaan dokumen bukti borang, serta wawancara kepada mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Visitasi dilakukan di Departemen Dermatologi dan Venereologi FKKMK UGM, poliklinik pulit dan Kelamin RSUP Dr. Sardjito sebagai rumah sakit pendidikan utama dan poliklinik kulit dan kelamin RSUD Wates sebagai salah satu rumah sakit jejaring.

Setelah dilakukan penilaian dan pemeriksaan pada borang yang telah dipersiapkan secara matang sejak jauh hari, program studi Ilmu Kesehatahan Kulit dan Kelamin KKMK UGM mendapatkan hasil akreditasi yang baik dengan nilai A. Dengan hasil baik yang telah diperoleh ini, diharapkan program studi Ilmu Kesehatahan Kulit dan Kelamin FKKMK UGM terus dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya, serta selalu mampu melaksanakan kegiatan sesuai visi dari program studi ini, yakni menjadi institusi pendidikan Menjadi institusi pendidikan ilmu kesehatan kulit dan kelamin yang inovatif dan unggul di tingkat nasional, regional, dan internasional yang berorientasi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan.